Nyai Ahmad Dahlan (2017)

by | Aug 24, 2017 | Daftar Film | 2 comments

[Total: 4    Average: 3.3/5]

TRAILER:

OST:

Detail Film

Genre                             : Drama, Biopic
Sutradara                       : Olla Ata Adonara
Produser                        : Dyah Kalsitorini, Widyastuti
Penulis Naskah              : Dyah Kalsitorini
Tanggal Rilis                   : 24 Agustus 2017
Durasi                            : 102 menit
Produksi                         : Iras Film
Kategori                         : Semua Umur

Sinopsis

Menjadi pintar adalah impian sejak kecil Siti Walidah, lahir pada tahun 1872 di Kampung Kauman, Saat itu perempuan pergaulannya sangat terbatas dan tidak belajar di sekolah formal. Siti Walidah akhirnya menikah dengan KH Ahmad Dahlan, dan menjadi Nyai Ahmad Dahlan. Kyai Ahmad Dahlan adalah sosok lelaki yang sangat berfikiran maju dan mendukung istrinya untuk bersama membangun bangsa. Nyai Ahmad Dahlan dengan segala kecerdasannya ikut membesarkan Muhammadiyah mendampingi Kyai Ahmad Dahlan. Nyai Ahmad Dahlan mempunyai pandangan yang sangat luas. Hal itu diperoleh karena pergaulannya dengan para tokoh, baik tokoh-tokoh Muhammadiyah maupun tokoh pemimpin bangsa lainnya, yang kebanyakan adalah teman seperjuangan suaminya. Mereka antara lain adalah Jenderal Sudirman, Bung Tomo, Bung Karno, Kyai Haji Mas Mansyur, dan lainnya.

Setelah Muhammadiyah berdiri, Nyai Ahmad Dahlan turut merintis kelompok pengajian demi pengajian untuk memberi ilmu agama pada semua wanita-wanita hingga berdiri organisasi “Aisyiyah”. Tak gampang membesarkan organisasi wanita pada zaman itu. Nyai Dahlan dan pengurus Aisyiyah berjuang memajukan perempuan yang bermanfaat untuk keluarga, bangsa dan negara. Menurut Nyai Ahmad Dahlan wanita sepadan perannya dengan laki-laki namun tidak boleh melupakan fitrahnya sebagai perempuan. Saat Jepang masuk ke Indonesia, beliau menentang penjajah Jepang dengan melarang warga menyembah dewa Matahari dan mendirikan dapur umum bagi para pejuang. Kehidupan Nyai bersama Kyai Ahmad Dahlan yang saling mendukung dalam membangun bangsa tergambar sangat indah. Bahwa cinta adalah landasan dalam menjalani hidup dan perjuangan.

Info jadwal tayang film Nyai Ahmad Dahlan hari pertama di Bioskop Indonesia >> klik disini << 

Pemain

Tika Bravani

David Chalik

Cok Simbara

Della Puspita

Egi Fedly

 

 

 

 

Tanggapan dan Komentar Kamu

[Total: 4    Average: 3.3/5]

2 Comments

  1. Ika Apri Dihastari

    Film ini mengandung banyak nasihat-nasihat yang bagus. Seperti misalnya saat Nyai Ahmad Dahlan mengatakan, kain kafan itu tidak bersaku,dst. Kata-kata ini cukup menghujam ke hati dan mengingatkan bahwa manusia mati tidak akan membawa apa pun selain amal sholih.

    Namun, terlepas dari pesan-pesan kebaikan yang disampaikan, film ini sebenarnya agak membuat saya bosan, sebab tidak terdapat konflik yang terlalu kuat dan terlalu panjang mengisahkan kehidupan Nyai Ahmad Dahlan, dari kecil hingga wafat (kalau drama Korea, ini minimal 30 episode.hehe). Kemudian ada detail-detail kecil, seperti kondisi rumah, jilbab dan ciput yang kekinian, yang kurang mencerminkan kondisi pada zaman tersebut. Peran K.H. Ahmad Dahlan juga masih sangat dominan, bahkan lebih dominan dari Nyai Ahmad Dahlan, padahal judulnya adalah Nyai Ahmad Dahlan. Mungkin akan lebih baik jika film ini hanya mengambil sebagian saja dari kisah hidup Nyai Ahmad Dahlan dengan adanya penyesuaian judul.

    Reply
    • Citra Yung

      menarik reviewnya

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest